Apakah keterbukaan infomasi itu ? Tentu saja pasti banyak pengertian yang berbeda-beda antara pemikiran anda dan orang lain. Sebelum mengetahui arti dari keterbukaan informasi, terlebih dahulu kita harus mengetahui definisi dari keterbukaan dan informasi. Informasi adalah data-data yang diolah menjadi sebuah bentuk pemikiran manusia yang berarti bagi penerimanya dan bermanfaat untuk penyelesaian masalah saat ini maupun mendatang. Keterbukaan adalah ketersediaan informasi yang dapat disampaikan oleh masyarakat luas.

Setelah kita ketahui definisi dari informasi dan keterbukaan, maka anda pasti bisa merumuskan sendiri arti kata keterbukaan infomasi. Menurut saya, keterbukaan informasi merupakan kumpulan data yang diolah menjadi sebuah bentuk pemikiran, agar dapat disampaikan pada masyarakat secara meluas dan bemanfaat untuk diketahui dalam kehidupan bernegara. Telah kita ketahui bersama keterbukaan informasi di negara ini (Indonesia) sangatlah tidak transparansi dan begitu dikeluhkan oleh banyak masyarakat.

Sehingga banyak masyarakat Indonesia sering kali melakuakan berbagai kritikan terhadap kinerja pemerintah saat ini, seperti yang tertera pada artikel sebelum-sebelunnya (budaya korupsi, lumpur Lapindo, kasus Century). Banyak sekali permasalahan-permasalahan di Indonesia yang sangat merugikan berbagai pihak. Dan bentuk penyikapan masyarakat terhadap permasalahan di Indonesia sangatlah buruk, seperti melakukan demo atau berunjuk rasa yang dilakukan oleh mahasiswa-mahasiswa Indonesia dengan ricuh. Seharusnya para mahasiswa tidak perlu melakuan hal-hal yang merugikan negara seperti itu.

Telah diketahui banyak masyarakat bahwasannya pemerintah sangat kesulitan dalam menyelesaikan masalah-masalah di negara Indonesia. Disertakan dengan masyarakat yang tidak medukung atau membantu pemerintahan dalam penyelesaian masalah, tetapi memberikan beban tersendiri pada pemerintah. Seharusnya masyarakat khususnya mahasiswa lebih mendukung dan membantu pemerintah dengan cara memahami setiap permasalah-permasalahan yang dihadapi oleh pemerintah.

Dengan begitu masyarakat dapat memberikan smart solution untuk pemerintah terhadap kegagalan-kegagalan penyelesaian masalah di Indonesia. Dan bisa menjadikan Indonesia menjadi negara yang maju seperti negara-negara Adikuasa lainnya. Misalnya saja Amerika, disebut-sebut negara yang paling maju karena dengan umur negara mereka sudah mencapai 223 tahun yang sudah lebih dulu berpengalaman mengurus berbagai permasalahan di negara mereka hingga sekarang menjadi negara terpandang sedunia. Tidak seperti negara kita yang baru berumur 66 tahun saja sudah meresahkan diri terhadap permasalahan di Indonesia.

Masyarakat tidak perlu resah terhadap kenyataan-kenyataan di Indonesia yang sering kali gagal saat menyelesaikan masalah. Kegagalan bukan akhir dari segalanya, karena Indonesia akan bisa maju dari setiap kegagalan-kegagalan yang kita alami selama ini. Sehingga partisipasi kita sangat dibutuhkan oleh pemerintah, untuk mulai mengawalinya mari kita bersama-sama memahami permasalahan-permasalahan yang berkecamuk di negara ini dan memberikan solusi untuk memajukan bangsa.

Tutur kata dari dalam hati saya:

Give me a chance..

Once more.. Once more.. Once more..

More and more..

Will try again..

Over and over again..

Mengaspirasiakan pada kita untuk terus berjuang pantang menyerah dalam mengahadapi rintangan di dunia ini. Meskipun gagal, bukan berarti akhir dari segalanya dan kegagalan itu merupakan kunci keberhasilan kita demi memajukan negera Indonesia. Setelah anda membaca artikel ini perjuangan anda mulai diawali dari sekarang. Semoga isi dari artikel ini dapat bermanfaat bagi anda dan kunci motivasi masyarakat demi memajukan negara Indonesia dengan benar, apabila ada kata yang kurang berkenan di hati saya mohon maaf sebanyak-banyaknya dan saya ucapkan terimah kasih.

Author Erwin Obm

Sumber : http://kip.sebelas.net/2011/05/27/transparansi-informasi-kunci-keberhasilan-pemerintahan-buruk-sama-dengan-pemerintahan-baik/