Kajian Timur Tengah

Artikel yang sangat bagus ini sudah lama saya baca versi Inggris-nya. Waktu itu saya sempat terpikir untuk menerjemahkan, atau setidaknya menulis ulasan. Tapi akhirnya saya hanya mampu menaruh link-nya di FB saya. Akhirnya, saya menemukan terjemahannya di Kaskus.

Kota Fasis yang Sempurna: Naik Kereta Api di Jakarta

Ditulis oleh Andre Vltchek
Diterjemahkan oleh Fitri Bintang Timur
Disunting oleh Rossie Indira

Kalau anda naik kereta api di Jakarta, berhati-hatilah: pemandangan yang anda lihat di balik jendela mungkin akan membuat resah anda yang bukan wartawan perang atau dokter. Terlihat ratusan ribu orang merana tinggal di sepanjang jalur kereta. Rasanya seperti seluruh sampah di Asia Tenggara ditumpahkan di sepanjang rel kereta; mungkin sudah seperti neraka di atas bumi ini, bukan lagi ancaman yang didengung-dengungkan oleh ajaran agama.

Memandang keluar dari jendela kereta yang kotor, anda akan melihat segala macam penyakit yang diderita oleh manusia. Ada luka-luka yang terbuka, wajah terbakar, hernia ganas…

Lihat pos aslinya 4.360 kata lagi